Rizkys Mempelajari, Memahami, Mempraktekan lalu Menyampaikan.

7 Cara Mudah Agar Website Masuk Di Halaman Pertama Google

Cara Mudah Masuk di Halaman Pertama Google

Saat saya memulai menjadi blogger, saya tidak pernah memperdulikan tulisan saya, yang saya kejar hanya Nulis lalu publikasikan, Ternyata hal ini salah besar sehingga kebanyakan artikel saya tidak masuk ke halaman pertama google.

Karena blogger sesungguhnya adalah blogger yang menyediakan konten untuk di baca para pengguna, bukan kepuasan ego sendiri. Bukan membuat konten agar di baca oleh robot / sekedar menambah postingan saja, Kalian juga wajib mengoptimasi SEO pada website yang kamu kelola dengan baik dan benar.

Karena pada umumnya blogger pemula rata-rata megupdate artikel hanya untuk mengejar adsense, Yang saya ketahui, mungkin. Di awal blog saya saja tidak mengenali apa itu backlink, seo on-page, optimasi artikel dan lain sebagainya.

Hal di atas juga bisa jadi faktor kenapa kalian susah sekali Page-One, Jadi bagaimana agar kita dapat masuk ke halaman 1 atau setidaknya masuk di halaman 2 dengan medium kompetitor.

Alasan Kenapa Website Kamu Tidak Masuk Ke Halaman Pertama Google dan Cara Mengatasinya

Menurut pendapat pakar seo yang saya kenal dan artikelnya sudah saya baca tentang Google Brain dan Algoritma google terbaru di tahun 2020, Diamana kita menulis sebuah Keyword dengan benar tetapi tidak masuk ke page-one.

Kenapa bisa seperti itu? Google sudah semakin pintar dari waktu-kewaktu, Dia bisa membedakan mana artikel berbobot untuk di baca dan di butuhkan para pengguna dan mana artikel yang kurang cocok untuk pengguna.

Mari lihat gambar di bawah ini, Dimana saya mencari materi tentang gitar dengan menggunakan Keyword “Cara Bermain Gitar” dan mengapa yang muncul di halaman pertama bukan dengan keyword yang sama?

Cara Mudah Masuk di Halaman Pertama Google

Nah, itulah pintarnya google di algoritma sekarang, Nyambung tidak sih cara bermain gitar dengan meyetem gitar? Tidak nyambung jika kamu tidak paham, Hal di bawah sangat relevan dan menurut saya sangat pintar.

Logikanya: Jika kita tidak bisa menyetem gitar dengan baik, ujungnya juga kita tidak bisa mempelajari gitar dengan baik, karena menyetem gitar adalah hal basik di saat kita akan belajar gitar, Sangat Relevan dan ajaib bukan Algoritma Google Sekarang?

1. Hilangkan Memaksimalkan SEO Berlebihan Untuk Mengejar Peringkat 1

SEO Memang di butuhkan dan jangan juga kita lupakan karena hal ini juga berperan penting untuk website yang kita kelola, Jangan berlebihan di dalam artikel terlalu menembak keyword sehingga isi artikel tidak berbobot.

2. Konten SEO Friendly vs Human Friendly

Karena pengunjung baru dan lama akan tetap betah jika website kita berisi topik dan artikel yang berbobot dan mudah di pahami, dengan begitu bermanfaat sekali.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, STOP Membuang-buang waktu untuk membuat artikel yang tidak berbobot, susah di pahami, Yang penting membuat artikel lalu publish.

3. Jangan Terlalu Berlebihan Menggunakan Keyword

Artikel sebelumnya sudah saya sampaikan, Berlebihan itu tidak baik, Gunakan keyword jika sudah tepat pada waktunya dan seperlunya, Di setiap postingan saya, Saya hanya mengucapkan Lebih dari 3 keyword dan kadang hanya 2 saja, Karena saya ingin membuat puas pembaca, bukan Membuat puas SEO.

4. Buat Artikel Berkualitas

Banyak sekali blogger yang saya temui mereka mengejar “Kata” di dalam sebuah postingan-nya, hingga mereka tidak mengetahui bahwa artikelnya tidak mudah di pahami.

Baca Juga:  3 Cara Memperbaiki Breadcrumb di Google Search Console

Jangan dengarkan kata orang, Seperti yang sudah saya sampaikan pada poin ke 2, Jangan memaksakan SEO Friendly, karena hal ini bagi saya pribadi cocok untuk toko online / pembisnis.

Jika kalian adalah seorang blogger sudah sangat cukup dengan artikel “Human Friendly”, Orang berkata bahwa artikel di atas 500 adalah baik, artikel atas ribuan adalah hal yang baik juga.

Jangan salah memahami, Semua tergantung pada apa yang di sampaikan, jika kita memberikan informasi yang sekiranya memang segitu tidak usah di tambah-tambahkan demi mengejar “Kata” lebih dari 500, sehingga para pembaca juga bisa kebingungan dengan artikel yang kamu sampaikan.

5. Analisa Website Kita Sendiri

Sebelum menganalisa website / saingan keyword orang lain, kita harus menganalisa website kita terlebih dahulu, Topik apa yang sedang kita bahas, Bagaimana cara menyampaikan informasi dengan baik dan benar dan memeriksa beberapa analisis yang terdapat di Google Search Console.

Setelah kita menganalisa lalu cari apa yang salah dari website kita sendiri setelah itu Bandingkan dengan saingan keyword orang lain. Analisa di atas dari web saya sendiri yang berumur 1 minggu, Dimana saya belajar langsung mempraktekannya.

Lalu Postingan Yang Lama Harus Saya Apakan?

Biarkan saja postingan lamamu, sebagai contoh kegagalan yang di lain waktu tidak kamu lakukan lagi disaat membuat postingan baru, Setelah kalian analisa dengan baik, kamu juga pasti mendapatkan ilmu dan cara mengatasinya dengan mudah agar kita bisa berperingkat no 1.

6. Menggunakan Keyword dengan Low-Medium Competitor

Hal awal yang tidak saya terapkan disaat saya tidak mengenal SEO, Saya hanya membuat artikel lalu memasukan judul yang saya inginkan tanpa melihat berapa besar saingan yang ada.

Saya mempunyai Blog niche Tekno dengan bahasan yang membahasa produk-produk dan brand ternama, Hal ini menjadi bagian fatal saya sendiri karena memilih tema yang besar saingannya.

7. Fokus Topik

Pernah saya dengar dari salah satu pakar SEO indonesia ternama, Usahakan mempunyai topik dan tema yang sejalur dengan hoby kita / sepengetahuan kita, Karena jika blog kita isi-nya satu topik dan satu alur akan menambahkan poin penting dan kesempatan untuk mendapatkan posisi yang baik.

Jika kita memiliki niche / topik yang kita bicarakan dalam sebuah artikel yang tidak kita pahami ya otomatis disaat kita membuat artikel tersebut banyak kata yang tidak baku dan berbelit-belit, Balik lagi ke poin di atas, Google semakin pintar, Algoritmanya memaksimalkan untuk para pengguna.

Google saja memaksimalkan pencariannya dan memfilter beberapa website yang bisa masuk ke pencarian dengan artikel yang bermanfaat dan memuaskan para penggunanya, Lalu mengapa kita tidak?

8. Backlink

Backlink memang menjadi peran penting dalam meningkatkan SEO Off-Page di dalam website kita, tapi hal ini tidak jadi jaminan web kita langsung masuk ke peringkat teratas.

Backlink juga perlu tapi tergantung dengan cara menanam / mencarinya, Website saya murni tidak pernah saya tanam backlink tetapi bisa masuk ke pencarian google dan mendapatkan cuplikan konten.

Halaman Pertama Google

Fokuskan saja dengan apa yang kamu buat sekarang, Lakukan semua hal dengan wajar, Karena di tahun ini dan mungkin di tahun kemudia “Konten Is King” akan selalu jadi bagian penting untuk Algoritma google.

Nah, mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, Jika ada kesalahan atau berbeda pendapat di maklumi saja, Karena hal di atas yang saya sampaikan menurut pengalaman pribadi saya dan mungkin juga bisa bermanfaat untuk kalian semua, Terimakasih.

Avatar
Rizkys Mempelajari, Memahami, Mempraktekan lalu Menyampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *