Rizkys Mempelajari, Memahami, Mempraktekan lalu Menyampaikan.

SEO Off-Page: Contoh dan Cara Optimasi Yang Baik Dan Benar

SEO Off-Page

Bagi para blogger yang sudah lama atau baru mungkin sudah mengetahui dan ada juga yang belum mengetahui Tentang SEO Off Page dan cara optimasinya. Kalian juga bisa mencari Tempat Belajar SEO Gratis untuk mendalami ilmu dan pengetahuan lebih dalam lagi.

Bukan hanya SEO On-Page saja yang perlu kita optimasi agar website / blog yang kita kelola lebih berkualitas dan selalu nangkring di halaman pertama google.

Hal ini bagi saya menjadi sebuah pondasi agar di saat kita kelola dalam waktu panjang tidak akan tergoyahkan oleh berbagai macam kasus, Baik dari Algoritma, Penurunan Posisi dan Tenggelamnya beberapa artikel kita.

Apa itu SEO Off-Page Dan Bagaimana Cara Menerapkannya Dengan Baik dan Benar?

SEO Off-Page

“Seo Off-Page” adalah kegiatan yang kita lakukan untuk mengoptimasi Website / Blog dari luar situs kita, guna untuk menetap atau meningkatkan posisi di halaman mesin pencarian.

Jika kita mengoptimasi SEO Off page keuntungannya banyak sekali, Mulai dari mendapatkan trafik, Hubungan antara website dan membantu untuk mengenalkan / meningkatkan populasi domain kita.

Pada umumnya, Kebanyakan para blogger / orang lain yang mengira bahwa SEO Off Page hanya sekedar menebar link / Backlink yang menuju ke website kita. Tetapi bukan hanya itu, Padahal jika kita jelaskan akan memakan waktu yang cukup lama.

Nah, Maka dari itu di artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap dari A-Z agar kalian tidak lagi keliru dan melakukan hal yang tidak baik untuk website yang kamu kelola sekarang.

Langkah-Langkah SEO Off Page

Hal yang saya buat ini menurut pengalaman pribadi dan mendengar dari pakar seo di indonesia yang memang terbilang cukup professional dalam membangun / mengelola blog.

SEO Modern Yang Saya Terapkan di Tahun 2020:

  1. Membuat Blog dan Optimasi
  2. Menetapkan Tema Yang Nyaman Untuk Pembaca
  3. Membuat Artikel Berkualitas
  4. Mendapatkan Trafik Organik
  5. Backlink
  6. Mempromosikan Ke Sosial Media Disaat Rank Sudah Bagus / Tepat Pada Waktunya

Poin 5 dan 6, Hal ini menjadi bagian penting jika kita sudah mengoptimasi SEO On-Page baik dari Artikel yang bermanfaat, Berkualitas, Navigasi Jelas, Tidak ada Error dan Nyaman Bagi Pembaca. Bukan hanya itu saja, Saya juga menerapkan beberapa langkah untuk blog saya agar lebih ter-optimasi dengan baik.

Contoh SEO Off-Page Yang Saya Terapkan:

  1. Backlink Berkualitas
  2. Promosi Sosial Media (Secukupnya)
  3. Hubungan Baik Dengan Para Blogger
  4. Guest Post

Perlu di ingat, Mengoptimasi blog dari luar memang perlu tetapi kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting agar tidak terdapat masalah disaat kita lakukan dan berdampak tidak baik pada website kita dalam waktu yang panjang.

1. Backlink Berkualitas

Memilih backlink menjadi hal yang penting, Bukan hanya menyisipkan Link ke arah website kita lalu pergi begitu saja, Hal ini umum terjadi dan sering di lakukan seorang blogger yang tidak mengetahui berbagai macam resiko.

Backlink memang perlu tapi kita juga harus menganalisa website yang akan kita jadikan sebagai backlink yang mengarah ke domain kita.

Seperti yang sudah saya jelaskan di dalam artikel sebelumnya tentang Jenis Backlink Berkualitas Tinggi untuk blog yang aman. Hal itu belum cukup? Mari kita jelaskan ulang.

Backlink Berkualitas Tinggi:

  1. Backlink PBN
  2. Backlink Profile
  3. Backlink WEB 2.0
  4. Backlink Edu, Gov
  5. Backlink dengan DA, PA dan PR Yang Tinggi
  6. Sosial Media

Kalian bisa memilih dari salah satu di atas, Jika kalian tidak mau ribet dan ingin secara instant kalian bisa membeli dari Jasa Backlink, Tetapi perlu mengeluarkan dana yang cukup, Mahal? Ingin mempunyai backlink tapi tidak punya uang ya sudah, Lebih Baik usaha sendiri.

Baca Juga:  Cara Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority

Hal di atas bersifat gratis tapi memakan waktu yang cukup lama, Saya rekomendasikan sekali agar web kalian bisa aman dari notif spam / pelanggaran, Perlu di ingat, Secukunya saja, jangan terlalu berlebihan karena akan berdampak tidak baik dan deindex di mesin pencarian.

2. Promosi Sosial Media

Pernah saya baca dari artikel Praktisi SEO indonesia ternama, Blog yang dia buat murni tidak ada backlink tetapi pengunjung perhari bisa mencapai 8000, Percaya atau tidak ya terserah anda.

Hal di atas logis, Karena memang Praktisi SEO masa tidak bisa menerapkan ilmu yang di miliki untuk artikelnya? Jadi mengapa dia bisa mendapatkan trafik besar tanpa backlink?

Nah di karenakan semua artikelnya human friendly, bermanfaat dan berbobot banyak sekali orang yang berterimakasih dengan ilmu yang di berikan, sehingga banyak sekali yang share ke media sosial tanpa di minta.

Jadi sudah terjawabkan mengapa dia bisa mendapatkan trafik sebanyak itu dari Blog yang baru di bangun 2 bulan tanpa backlink.

Lalu bagaimana dengan web saya yang tidak mendapatkan Share dari para pengunjung?

Tenang, Semua masalah bisa di atasi, Kalian bisa mempromosikan domain / konten kalian di media sosial baik itu grup, komunitas, profile, perorangan dan lain sebagainya dan Harus Relevan dengan bahasan / topik yang ada.

Misalkan blog kalian bertema Resep / Kecantikan, Nah kalian bisa join grup / komunitas yang mencintai Resep / Kecantikan, Promosikan dengan baik dan bukan hanya menyipan link saja, Jelaskan beberapa penjelasan agar mereka mau mengunjungi artikel kalian.

3. Hubungan Baik Dengan Para Blogger

Semua orang butuh uluran tangan, Kita tidak bisa berdiri sendiri tanpa di bantu orang lain, Kita tidak bisa melancarkan sesuatu tanpa bantuan orang lain, Bukan gitu? Iya saya paham, Otodidak semua orang bisa melakukannya tapi apakah kalian mau memakan waktu yang lama?

Mempunyai hubungan baik para blogger bisa menjadi bagian terpenting meningkatkan seo off page, Contohnya saya berteman dengan apud, Si apud mendapatkan trafik banyak sekali dan kadang ada beberapa orang yang menawarkan content placement secara gratis

Dengan syarat artikel dari kita sendiri, Nah, Hal ini akan meningkatkan SEO Off page blog kalian dengan cara guest post dan mendapatkan backlink.

4. Guest Posts

Seperti yang saya sampaikan di poin ke 3, Guest Post adalah backlink terbaik dan berkualitas untuk blog kita, Tapi tergantung pada isi website / domainnya juga.

Karena jika kita mendapatkan backlink dari situs yang tidak baik atau berbeda tema ujungnya kalian akan terkena penalti dan di anggap sebagai domain spam.

Carilah seseorang yang membuka guest posts gratis dengan tema yang relevan / sesusai dengan topik / niche blog kalian, Karena hal ini jadi bagian penting, Kan tidak lucu jika kita mendapatkan backlink dari website yang membahas tentang ember.

Penutup

Optimasi SEO Off Page memang cukup sulit jika di bandingkan dengan mengoptimasi SEO On-Page, Karena kita perlu menghabisi banyak waktu untuk membuat pondasi blog kita agar tidak merosot di SERP.

Tetapi sebelum kamu menerapkan hal di atas pastikan website kamu sudah teroptimasi dari dalam, Sebab jika website kalian tidak memiliki artikel berbobot, bermanfaat, banyak sekali error, loading lama akhirnya para pengunjung / website yang sudah kamu tanam backlink enggan untuk mengunjungi website kamu.

Tapi harus di ingat, Menanam backlink untuk meningkatkan SEO Off-Page pada blog kita memang baik, Tetapi jangan terlalu berlebihan, Karena akan berdampak buruk dan membuang-buang waktu saja.

Hal di atas hanya menurut pribadi dan pengalaman saya, Saya mendengar, menerapkan lalu menyampaikan, Hal di atas murni gratis tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Jika kalian memiliki pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya, Terimakasih.

Avatar
Rizkys Mempelajari, Memahami, Mempraktekan lalu Menyampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *